-->

Cara Buat Akun Google Mail Gmail Baru

Akun Gmail sangat banyak sekali fungsi dan kegunaannya
Gambar oleh Simon Steinberger dari Pixabay

Halo Gengs ...!! Jumpa lagi dengan admin Belajar Wifian. Kali ini saya mau berbagi tentang "Cara  Buat Akun Google Mail (Gmail)Baru.
Google Mail merupakan sebuah fitur email milik Google. Account Google Mail dapat dimiliki bagi siapapun. Hingga pada waktu ini setiap pemakai smartphone android mau tidak mau harus memiliki akun Google Mail buat mengintergrasikan layanan-layanan pada smartphone itu.

Account Google Mail bisa terhubung dengan layanan-layanan google lainnya seperti Google Drive, Google Chrome, Play store, Youtube, dan masih banyak lagi. Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya sebatas hanya dengan mengizinkan pengguna untuk mengajak teman-teman mereka untuk memakai akun Google Mail.

Alasan ini terjadi biar Google Mail bisa mempertahankan peringkatnya yang elit juga mengekang perkembangan. Sistem ajakan terbatas dengan resmi berakhir pada tanggal 14 bulan Februari tahun 2007 yang lalu. Setelah itu Google Mail menjadi salah satu layanan email terpopuler.

Bukan seperti pesaingnya, Google Mail tidak memasang promosi di surat atau menambahkan sesuatu di surat kalian. Promosi yang nampak dihasilkan oleh komputer, tidak dengan sengaja disisipkan oleh pihak Google Mail. Hingga tidak ada promosi sama sekali bila kalian mengakses Google Mail pada HP kalian.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara membuat akun Google baru maka anda bisa membaca artikel cara membuat akun Google baru berikut ini.
Akan tetapi sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuat akun Google baru, silahkan simak artikel tentang manfaat apa saja yang kalian dapatkan dengan menggunakan akun Google Mail ini.

Manfaat menggunakan akun Google Mail:
  1. Penyaringan Spam
Memang kebanyakan layanan email menawarkan semacam filter sekarang ini, dan filter spam yang dimiliki oleh Google begitu efektif. Google Mail mencoba memfilter adanya hal yang berbahaya seperti virus, spam, dan iklan phising, tapi bukan filter yang 100 persen efisien.
     2. Merger dengan Google Hangouts

Layar utama Google Mail menampilkan kontak Hangouts di sebelah kiri layar, sehingga kalian bisa melihat siapa saja kontak di email kalian yang menggunakan hangouts. Hangouts adalah sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni bisa melakukan dengan banyak orang.

     3. Akses offline

kalian bisa membuka Google Mail secara offline di PC Andakamu meskipunwalaupun tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan menambahkan ekstensi Google Mail offline chrome di web browser kalian.

Setelah membaca kegunaan dari akun Google Mail, berikut adalah cara membuat akun Google baru:
Cara membuat akun Google baru di komputer

1. ketikkan alamat www.gmail.com di web browser kalian.

2. Klik create an account, sebuah kolom akan terbuka.

3. Atau anda bisa langsung masuk alamat https://accounts.google.com/signup dan Isi profil kalian dengan benar.

Profil yang butuh dilengkapi adalah nama depan, nama belakang, nama pengguna, dan juga password.

4. Di kolom isian setelah nama, kalian akan diharuskan untuk membuat nama pengguna, anda dapat memilih sendiri apa nama pengguna anda.

5. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Pilih yang lain. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi, di antaranya adalah:

-Nama pengguna yang anda buat sudah dipergunakan oleh orang lain

-Nama pengguna yang anda buat terlalu persis dengan Username yang telah ada contohnya, bila contoh@gmail.com sudah tidak tersedia, kalian tidak bisa menggunakan cont0h@gmail.com)

-Nama Pengguna anda sama seperti Username yang sudah dipakai oleh seseorang, yang kemudian telah dihapus

-Tidak diperbolehkan oleh pihak Google untuk menghindari spam dan penyalahgunaan

Jika menemui hal semacam ini kalian bisa mengakalinya dengan cara memberi tambahan angka atau bisa mencoba username yang berbeda.

6. Pilih next dan Isi semua kolom yang tersedia dengan data yang benar. Kemudian anda diminta untuk mengisi tanggal lahir dan juga jenis kelamin. Selain data diatas seperti nomor Handphone dan juga akun recovery bersifat tidak wajib. 

7. Pilih Langkah selanjutnya, akan muncul form persyaratan, klik pada I Agree.

8. kalian telah selesai membikin akun Google dan kalian sudah memiliki akun Google Mail sekarang. 

Cara membikin akun Google baru di HP Android dan OS lainnya

Cara membuat akun Google baru di HP pada prinsipnya sama kayak tutorial membuat akun Google baru di komputer.

1. Cari menu pengaturan di HP anda.

2. Cari menu akun.

3. Klik Buat Akun.

4. Pilih Google.

5. Akan muncul opsi Masuk dan Buat Akun Baru.

6. Klik Buat Akun Baru.

7. Silahkan andaisi nama depan dan nama belakang.

8. Pilih Selajutnya.

9. Kemudian isi tanggal lahir, tahun lahir dan jenis kelamin.

10. Pilih next.

11. Buat nama untuk username {Anda|kamu|kalian.

12. Pilih next.

13. Jika ternyata muncul Peringatan "That username is taken". "Coba Yang Lain" Itu berarti nama pengguna yang kalian pilih sudah digunakan oleh orang lain.

14. Anda bisa mengakalinya dengan memberi tambahan nomor.

15. Pilih next.

16. Kemudian Yaitu menetukan password kalian. Paling sedikit 8 caracter, boleh menggunakan caracter huruf kecil, huruf besar, kombinasi huruf dan angka, dan juga caracter unik lainnya. Jangan sampai lupa. sesuaikan pengisian baris atas dengan bawah.

17. Pilih next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak harus diisi. Jika kalian pingin mengisinya, kemudian pilih next. bila tidak, kalian pilih skip.

19. Akan muncul kolom "Privacy and Terms".

20. Pilih "Saya Setuju".

21. Setelahnya akan ada konfirmasi nama pengguna dan juga password.

22. Pilih Selanjutnya.

13. Kemudian muncul opsi pembayaran. Anda bisa Skip dengan pilih "No Thanks", kemudian pilih Selanjutnya. Aplikasi kemudian akan memproses. Berikutnya kalian akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kalian telah berhasil membuat akun Google Mail baru.

14. Dengan memiliki akun email di Google Mail, kalian akan semakin mudah untuk membuka fitur Google yang lain contohnya YouTube, dan Google Play Store. Oleh sebab itu buatlah akun email di Google Mail dengan cara yang telah dijelaskan di atas tadi. Karena Google Mail (Gmail) merupakan kunci untuk menuju ke situs manapun, terutama untuk membuat blog, dan juga daftar Google Adsense.

Demikian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap Semangat ..!!

Comments

Subscribe Our Newsletter